Halaman

PELUANG BISNIS UNTUK SEMUA USIA / PIN BB 282D34FB
Photobucket

Sabtu, 23 Juni 2012

Home » , , , , , , » Bau Mulut

Bau Mulut


Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting dijaga kebersihannya, tapi jika sudah bermasalah, mulut bisa mengeluarkan bau tak sedap atau halitosis.

Keadaan ini akan sangat mempengaruhi orang yang mengalami dan orang sekitarnya, bisa-bisa di jauhi teman atau rekan kerja. Lebih parah lagi, nafas tak sedap bisa juga merupakan pertanda Anda sedang mengalami kondisi kesehatan yang serius.


Penyebab halitosis beragam, mulai dari masalah gigi dan mulut, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga sinusitis atau infeksi tenggorokan. Untuk mengusir aroma tidak sedap tersebut, simak triknya.

1. Merawat Gigi
Mengalami masalah pada gigi, seperti gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, dapat menyebabkan aroma nafas menjadi tidak sedap. Situs MayoClinic menyarankan, gigi yang bermasalah perlu perawatan dokter gigi, menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi dan sikatlah gigi dengan sikat yang halus. Anda juga harus mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Serta jangan lupa membersihkan sela-sela gigi dengan larutan pengurang plak, dental flos (benang gigi), atau tusuk gigi.

2. Menyikat Lidah
Bau mulut bisa juga karena sisa makanan menempel di lidah. The Merck Manual Online Medical Library menuliskan bahwa dengan menyikat lidah menggunakan sikat gigi dan pasta gigi dapat mengurangi bau pada nafas.

3. Berkumur teratur dengan antiseptik
Hal ini dilakukan agar bakteri anaerob tidak berkembangbiak selama anda beristirahat

4. Pastikan mulut selalu basah
Mulut yang kering menimbulkan bakteri berkembang di mulut. Kelembaban mulut harus terus dijaga untuk mencegah bau mulut. Minumlah air putih delapan gelas sehari. Hindari minuman bersoda, alkohol, atau kopi yang justru membuat mulut menjadi kering dan berbau.

5. Perhatikan apa yang dimakan
Bawang merupakan makanan yang dapat membuat napas menjadi berbau. Untuk itu hindarilah makan makanan yang menggunakan bawang putih, merah dan bombay.

Jika bau mulut tidak juga pergi, konsultasilah ke dokter. ^_^

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Premium Blogger Themes | Jasa Pembuatan Blog | Powered by Blogger